Anda Vegetarian? Sebaiknya Jangan Konsumsi Kimchi!

Senin, 17 April 2017 - 21:19 WIB
Anda Vegetarian? Sebaiknya Jangan Konsumsi Kimchi!
Anda Vegetarian? Sebaiknya Jangan Konsumsi Kimchi!
A A A
JAKARTA - Makanan tradisional khas Korea, Kimchi, dikenal tak hanya memiliki cita rasa yang lezat, namun makanan yang difermentasi ini juga dipercaya menyehatkan. Bahkan, kimchi dinilai bisa membuat tubuh menjadi langsing.

Kimchi merupakan makanan yang terbuat dari sawi putih dan lobak yang difermentasi dengan bumbu khas Korea. Namun, makanan ini tidak diperuntukkan untuk vegetarian. Pasalnya, kimchi dibuat dengan beberapa makanan laut atau seafood untuk menghasilkan rasa asin di dalamnya, seperti udang asin dan saus ikan.

Dilansir dari Huffington Post, hal tersebut diungkapkan melalui buku berjudul Cook Korean!. Mereka menambahkan seafood untuk rasa asin ke dalam kimchi, seperti cumi-cumi mentah, bayi gurita dan sarden, saeujeot atau fermentasi udang. Makanan laut yang difermentasi akan memberi asam glutamat yang membuat kimchi terasa gurih.

Namun, tak perlu khawatir. Anda bisa membuat kimchi vegetarian sendiri di rumah. Seperti menggunakan bumbu tamari, gula kelapa, jus nanas, jahe, bawang putih, bawang merah dan serpih cabai. Untuk rasa gurih. Dengan bumbu ini Anda bisa mendapatkan rasa gurih tanpa menggunakan makanan laut yang difermentasi.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4830 seconds (0.1#10.140)